Usus Perut Bolong bolong Karena Telan Mainan Magnet

img
Bushnell (dailymail)
Jakarta, Gara-gara menelan magnet mainan berkekuatan tinggi, bocah 3 tahun di Oregon nyaris tewas dengan sedikitnya 3 lubang di perutnya. Beruntung nyawanya masih terselamatkan, meski jumlah magnet yang ditelannya sangat banyak yakni 37 butir.

Payton Bushnell (3 tahun), bocah perempuan asal Oregon dilarikan ke rumah sakit setelah menelan 37 magnet mainan yang banyak berserakan di rumahnya. Meski hanya mainan, kekuatan magnet itu cukup besar dan tidak seharusnya berada di dalam saluran pencernaan.

Awalnya, Bushnell dibawa ke rumah sakit oleh kedua orangtuanya ke sebuah rumah sakit di Portland dengan keluhan mirip flu. Namun karena tidak yakin dengan penyebabnya, dokter lalu melakukan pemindaian terhadap perut Bushnell dengan menggunakan sinar X.

Hasil pemindaian menunjukkan, ada benda asing di dalam perut Bushnell. Benda itu berupa bulatan-bulatan kecil, yang berkumpul dalam posisi melingkar sehingga dokter menduga bocan ini baru saja menelan sebuah gelang yang terbuat dari untaian manik-manik.

Namun setelah dioperasi, dokter mendapati bahwa benda yang semula diduga adalah gelang itu ternyata adalah magnet-magnet mainan yang berbentuk bulatan-bulatan kecil seperti manik-manik. Di dalam perut Bushnell, magnet itu berkumpul dan membentuk formasi mirip gelang.

"Dalam semua penelitian yang pernah saya lakukan, saya belum pernah menemukan ada anak menelan magnet lebih dari 10 buah," kata Sandy Nipper, RN dari Randall Children's Hospital yang menangani kasus ini seperti dikutip dari NY Dailynews, Senin (5/3/2012).

Para dokter menganggap kasus ini sebagai mujizat karena setelah dioperasi, kondisi Bushnell segerap pulih dalam waktu yang tidak terlalu lama. Padahal menurut Nipper, selama berada di dalam perut magnet-magnet tersebut telah melubangi usus Bushnell di 3 titik dan telah memicu infeksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar