Anak Lebih Rentan Sakit Kulit Jika Ibu Merokok Waktu Hamil

img
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Racun yang terkadung dalam asap rokok sangat mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan. Kalaupun tidak cacat, masih ada bahaya lain yang tidak kalah memalukan yakni menjadi lebih rentan terkena penyakit eksim atau radang kulit.

Anak-anak yang terpapar asap rokok sejak berada dalam kandungan lebih rentan kena eksim karena daya tahan tubuhnya tak sebagus anak lain sebayanya. Hal yang sama juga terjadi pada anak-anak yang mengidap asma dan alergi atau lebih rentan kena infeksi saluran napas karena ibunya merokok waktu hamil.

Untuk membuktikan hal itu, para peneliti dari American Academy of Allergy, Asthma & Immunology melakukan pengamatan terhadap 1.400 anak berusia 2 bulan hingga 18 bulan. Para peneliti menelusuri riwayat kesehatan anak-anak tersebut, lalu membandingkannya dengan kebiasaan orangtua semasa hamil.

Hasil pengamatan menunjukkan, anak-anak yang ibunya merokok pada trimester ketika atau 3 bulan terakhir masa kehamilan cenderung lebih rentan kena eksim. Risikonya juga meningkat jika ibunya merokok pada trimester pertama dan kedua, namun peningkatan terbesar terjadi di trimester ketiga.

"Paparan tembakau pada trimester ketiga kehamilan mempengaruhi perkembangan daya tahan tubuh, yang membuat anaknya rentan kena eksim di masa pertumbuhan," kata Dr Kenji Matsumoto yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Healthday, Senin (5/3/2012).

Eksim atau eksema atau dermatitis merupakan kodnisis peradangan kulit yang dicirikan dengan pembentukan lepuh dan gelembung kecil berisi cairan. Gelembung-gelembung tersebut terasa gatal, padahal kalau digaruk bisa pecah dan akan memperparah infeksi.

Pengobatan untuk penyakit kulit ini antara lain dilakukan dengan mengoleskan krim antiradang dengan kandungan kortikosteroid. Jika pemicunya adalah infeksi jamur atau mikroba yang lain, maka pengobatannya juga memakai antibiotik yang sesuai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar